Bisnis Rental Mobil Agar Bertahan Saat Virus Corona

Posted on

Terhitung sudah lebih dari 7 bulan virus Covid-19 menyebar di seluruh tanah air kita. Tidak sedikit pula perusahaan yang terkena dampak besar dari virus ini, salah satunya adalah bisnis rental kendaraan. Oleh karena itu pelaku bisnis ini memerlukan tips bisnis rental mobil agar dapat bertahan saat kasus Covid masih merebak.

Jelas dampak pandemi Covid yang masih betah di tanah air membuat sebagian besar pengusaha rental mengalami kemunduran usaha. Tidak sedikit juga dari mereka yang kalah bertarung karena omset yang dihasilkan tidak bisa menutup biaya operasional. Jika sudah demikian, maka perlu mencoba cara bisnis rental mobil saat pandemi berikut ini.

1. Bijak dalam Mengatur Kas

Kas perusahaan perlu diatur ulang selama wabah corona masih berimbas pada bisnis. Jadi,

sebagai pengusaha rental yang saat ini terkena dampak Covid-19, maka perlu melakukan tips pertama ini. Bukan rahasia lagi kalau selama pandemi jarang ada orang yang menyewa kendaraan dan keadaan ini membuat omset turun drastis.

Mau tidak mau kas perusahaan rental Anda perlu diatur ulang, karena ada biaya operasional yang tetap dikeluarkan walau pemasukan menurun. Jadi, atur kembali kas perusahaan dan lakukan evaluasi terhadap pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya, meningkatkan bandwith wifi, membeli kursi dan meja kantor hingga dekorasi kantor lainnya.

2. Lakukan Evaluasi Bisnis

Sepertinya bukan hanya usaha rental saja yang dibuat menurun oleh Covid-19. Namun, hampir setiap sektor bisnis terkena imbas dari pandemi yang masih betah tinggal di Indonesia ini. Tidak heran banyak pelaku usaha menyatakan bangkrut karena minimnya pemasukan untuk menutupi biaya operasional.

Lihat juga jualan yang menguntungkan

Tips usaha rental mobil tetap bertahan selama pandemi berikutnya adalah melakukan evaluasi ulang terhadap bisnis yang dijalankan. Pandemi merupakan saat yang tepat bagi perusahaan Anda untuk berbenah dan melakukan koreksi diri selama beberapa bulan ini. Sehingga, solusi tepat mengatasi penurunan omset beberapa waktu lalu bisa teratasi.

3. Karyawan Tetap Diperhatikan

Apabila mengalami penurunan omset drastis karena imbas dari wabah Covid-19, pemilik bisnis tetap harus memperhatikan karyawannya. Jangan sampai memperlakukan karyawan dengan semena-mena karena usaha terdampak Covid-19. Sebagai pemilik rental, perlu diketahui bahwa Anda bertanggung jawab terhadap semua karyawan.

Ceritakan sejujurnya tentang kondisi perusahan kepada para karyawan saat Anda berencana mempertimbangkan unpaid leaved. Penurunan omset memang berdampak besar terhadap gaji karyawan yang harus dibayarkan. Inilah tips bisnis rental mobil selama pandemi selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar tetap bertahan.

4. Ciptakan Inovasi Layanan dan Sediakan Promo

Selama penyebaran virus corona belum berhenti, Anda dapat menciptakan inovasi layanan dan menyediakan promo-promo menarik untuk bisnis rental. Inilah cara terbaik agar bisnis mampu bertahan selama pandemi. Namun sebelumnya, pastikan dulu aturan pemerintah terkait protokol kesehatan tetap dijalankan dengan benar.

Anda dapat menyediakan diskon mulai dari 15-20% kepada penyewa yang memakai kendaraan minimal 24 jam. Jika memungkinkan, Anda dapat memberi diskon hingga 35% bagi para tenaga kesehatan yang membutuhkan armada tambahan. Buatlah diskon sewa mobil semenarik mungkin agar masyarakat mau menyewa kendaraan Anda.

5. Bersih-Bersih Armada

Selama masa pandemi virus corona, Anda perlu melakukan bersih-bersih armada menggunakan cairan desinfektan sesuai anjuran pemerintah. Inilah salah satu tips bisnis rental mobil yang dapat membuat pelanggan tidak takut menggunakan armada Anda. Semprotkan cairan desinfektan tersebut baik sebelum dan sesudah armada digunakan.

Apabila perusahaan rental melakukan kegiatan ini, tentu masyarakat akan memberikan apresiasi positif kepadanya. Jangan lupa sediakan masker dan hand sanitizer dalam setiap armada yang disewakan.

6. Bentuk Tim Manajemen Khusus

Sepertinya perusahaan Anda perlu membentuk tim manajemen khusus yang diwakilkan masing-masing divisi. Pembentukan tim baru ini ditujukan untuk membahas masalah terkait kondisi perusahaan yang terancam akibat penyebaran virus corona. Dengan saling berdiskusi tentu akan ada solusi mengatasi masalah yang muncul kedepannya.

Perusahaan juga memiliki langkah tepat mengantisipasi krisis tersebut dan menentukan strategi tepat untuk menanggulanginya. Pikirkan pembentukan tim khusus sedini mungkin agar proses bisnis rental mobil Anda tetap berjalan lancar.

7. Memaksimalkan Website dan Sosial Media

Tips bisnis rental mobil yang aman dan bertahan saat pandemi selanjutnya adalah dengan memaksimalkan website dan sosial media yang dimiliki. Cara ini dapat dilakukan sebagai cara terbaik dalam menggenjot pemasukan yang tidak ada sama sekali. Sebagai pengusaha rental, Anda perlu menguasai pemasaran online melalui platform digital tersebut.

Buatlah caption menarik dan pilih foto armada paling bagus agar masyarakat online tertarik menyewa. Tingkatkan brand awareness dan traffic website perusahaan dengan aktif bermain sosial media rental mobil Anda.

8. Pengelolaan Pemegang Saham

Pemilik rental wajib melakukan diskusi terbuka dengan para pemegang saham terkait kondisi perusahaan yang terkena imbas pandemi langsung. Cari cara terbaik untuk menguatkan posisi perusahaan terhadap arus kas yang tidak berantakan akibat wabah ini.

Jadilah perusahaan yang memiliki inisiatif dan lebih proaktif ketika berhubungan berbagai pihak. Mulai dari pemberi pinjaman, otoritas pajak hingga supplier utama armada rental perusahaan yang selama ini mendukung keberlangsungan bisnis Anda. Lakukan tips bisnis rental mobil ini agar tidak ada kendala selama pandemi virus corona.

9. Berikan pengetahuan digital kepada SDM

Membekali sumber daya manusia perusahaan dengan pengetahuan digital terbaru merupakan cara bisnis rental mobil rumahan yang patut dicoba. Jangan hanya memiliki pengetahuan digital yang dasar-dasarnya, tetapi kuasai juga dunia digital marketing.

Lihat juga contoh proposal usaha

Disarankan kepada pemilik usaha rental agar merekrut karyawan dari golongan muda yang paham akan perkembangan teknologi saat ini. Pengetahuan mereka tentu akan berdampak baik terhadap pengembangan usaha rental Anda.

10. Update Informasi

Anda perlu mengetahui informasi terbaru seputar sewa armada saat virus corona masih ada dan sudah berlalu. Ikutilah beberapa grup-grup atau komunitas sosial media yang sehubungan dengan usaha Anda.

Nah, tips bisnis rental mobil yang kami bagikan lumayan mudah diterapkan bukan? Semoga dengan tips-tips tersebut, usaha rental kendaraan Anda mampu bertahan melewati krisis akibat pandemi virus corona ini.