Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo Yogyakarta

Posted on

Pasar tradisional di jogjakarta menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Apalagi anda ingin mencari barang harga murah meriah kualitas bagus. Jumlah pasar tradisional di jogjakarta banyak sekali dan semuanya masih terawat dengan baik. Salah satu pasar tradisional yang wajib anda kunjungi adalah pasar beringharjo yogyakarta. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan disini. Pasar yang tidak membosankan dan membuat kita ingin menjelajahi semua sudutnya.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Pasar Beringharjo

Beringharjo merupakan pasar tradisional terbesar dan tertua di jogjakarta. Pasar ini sudah menjadi tujuan wisata wisatawan dari berbagai kota. Pasar tertua di jogja ini juga memiliki ikatan sejarah dengan kraton jogjakarta. Bahkan kini menjadi salah satu ikon wisata jogja. Lokasinya yang di jalan malioboro, membuat kota ini semakin ramai.

Saat anda belanja di malioboro, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pasar ini. Anda bisa wisata kuliner atau wisata belanja murah meriah. Setiap harinya pasar ini selalu ramai pengunjung. Entah itu yang berasal dari masyarakat jogja sendiri atau wisatawan. Karena disini anda bisa menemukan berbagai barang. Ada batik, baju, sepatu, tas, jilbab, sayuran. Jamu dan masih banyak lainnya. Bahkan barang-barang antik bisa ditemukan disini.

Sejarah Pasar Beringharjo

Jika berbicara tentang sejarah pasar beringharjo, tidak akan pernah lepas dari kraton dan kota jogja itu sendiri. Melihat peta keraton yogyakarta tahun 1765, lokasi yang dijadikan pasar tradisional ini hanya tanah kosong. Saat itu beringharjo,hanya dijadikan pasar temporari atau tidak permanent. Kemudian di tahun 1876, beringharjo sudah nampak bangunan kios-kios memanjang dari utara ke selatan. Dekat dengan jalan malioboro.

Pembangunan pasar ini juga bersamaan dengan pendirian kerajaan. Walaupun saat itu masih berupa pasar temporari bukan pasar permanent. Keberadaan pasar tradisional ini berhubungan dengan salah satu pilar catur tunggal. Catur tunggal terdiri dari alun-alun utara, keraton, masjid keraton dan pasar tradisional beringharjo. Catur tunggal merupakan pola tata kerajaan yang harus didirikan untuk mendung pemerintahan kerajaan di yogyakarta.

Dapatkan paket wisata jogja murah di: https://www.kartanesia.com

Dulunya lokasi pasar ini berupa hutan belantara yang sulit di pugar. Namun untuk memenuhi catur tunggal, maka hutan tersebut harus dibuka dan dibersihkan. Dijadikan pasar sebagai pusat perekonomian warga. Dulunya lokasi yang dijadikan pasar, banyak pohon beringinnya. Pohon besar tersebut digunakan untuk berteduh. Selain itu banyak pedagang yang menggunakan bawah pohon untuk berjualan.

Di bawah kepemimpinan Sri Sultan HB IX, pasar tradisional ini diberi nama sebagai pasar beringharjo. Nama beringharjo berasal dari kata bering yang artinya pohon beringin dan harjo yang artinya sejahtera diharapkan pasar ini bisa memberikan kesejahteraan pagi seluruh warga jogjakarta.pemberian nama pasar ini dilakukan sekitar tahun 1925. Sri sultan HB IX membangun pasar ini sebagai pasar permanen. Walaupun sudah dilakukan pemugaran berkali-kali,lokasi dan bentuk bangunannya hampir sama dengan yang dulu.

Lokasi dan Rute Menuju Pasar Beringharjo

Beringharjo masuk di kawasan malioboro, lebih tepatnya berada di Jalan Paberingan 1, yogyakarta. Untuk menuju kesini sangat mudah. Ada banyak angkutan umum yang bisa digunakan. Jika naik kereta, turun di stasiun tugu. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan becak, bus trans atau jalan kaki menuju beringharjo. Letaknya di ujung jalan malioboro dekat dengan benteng vendeburg.

Jika ada dari bandara adi sucipto atau terminal jombor, bisa naik bus trans jogja. Anda bisa menggunakan bus trans jogja jalur 1A, 2A atau 3A. Nanti turun di halten beringharjo. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda harus parkir di bagian belakang pasar. Karena sekarang semua parkir di sepanjang jalan malioboro ditiadakan. Lebih nyaman dan aman gunakan transportasi online, sehingga anda bisa langsung sampai di pasar.

Harga Tiket dan Jam Buka Pasar Beringharjo

Berkunjung ke pasar beringharjo, tidak dikenakan biaya sama sekali. Anda bisa langsung masuk ke pasar ini. Namun bila anda ingin berbelanja harus mengeluarkan barang sesuai harga barangnya. Untuk jam bukanya, pasar ini buka setiap hari. Mulai pukul 08:00 hingga 17:00. Namun biasanya pagi hari atau habis subuh, sudah ada beberapa pedagang yang berjualan. Terutama pedagang makanan untuk sarapan. Menurut info, beringharjo akan buka 24 jam hingga malam hari. Namun isu tersebut masih belum diketahui kebenarannya.

Fasilitas di Pasar Beringharjo

Tempat ini merupakan pasar yang digunakan untuk berbagai transaksi jual beli. Sehingga fasilitas yang diberikan masih standar, tidak seperti tempat wisata di jogja lainnya. Fasilitas yang diberikan antara lain:

  • Toilet umum yang bersih
  • Satpam pasar

Hal Seru Yang Bisa Dilakukan di Pasar Beringharjo

Ada banyak hal seru yang bisa anda lakukan disini. Saat liburan ke jogja, memang wajib mampir di beringharjo. Terutama untuk para perempuan yang suka berbelanja dan membeli barang murah. Inilah beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di beringharjo.

  • Berbelanja batik

Dibagian lantai pertama ada banyak sekali penjual batik yang bisa anda kunjungi. Berbagai jenis batik bisa anda temukan. Dari batik harga Rp 20ribuan sampai jutaan. Corak yang diberikan pun bervariasi. Jika anda pintar memilih, bisa menemukan batik kualitas bagus dengan harga murah. Baju batik untuk anak-anak sampai orang dewasa bisa anda temukan diberingharjo,

  • Belanja souvenir, kerajinan dan barang antik

Di pasar beringharjo, anda juga bisa menemukan kerajinan tangan dan barang antik. Buat anda yang ingin menikah dan mencari souvenir, tempat ini juga menjadi pilihan tepat. Ada banyak gantungan kunci, dompet, gelas dan lainnya dengan harga yang murah meriah. Di lantai dua anda bisa menemukan kios-kios yang menjual barang lucu, dari jerami, kayu, perunggu dan lainnya. Jika anda ingin mencari barang antik, bisa datang ke lantai tiga. Ada jam antik, uang kuno, kaset awas, patung dan lainnya. Jika beruntung anda bisa menemukan barang unik dan langka,

  • Berburu bahan jamu, herbalia dan rempah

Jika anda ingin mencari bahan-bahan jamu atau rempah-rempah, juga bisa ke beringharjo. Tanaman kering yang sulit ditemukan, bisa dicari disini. Anda juga bisa menemukan minyak zaitun asli, minyak esensial dan berbagai jenis minyak lainnya. Ada beberapa pedagang yang menjual racikan jamu, lulur dan lainnya dengan harga yang murah meriah.

  • Wisata kuliner

Jangan pernah melupakan wisata kuliner di beringharjo. Terutama buat anda yang suka pecel dan sate. Di depan gerbang beringharjo, anda sudah disambut dengan ibu-ibu yang menjual berbagai jenis makanan yang enak. Seperti pecel lontong kembang turi, foto mbok galak, soto oithers, empal bu warno, sup kembang waru dan masih banyak lainnya.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di pasar brinharjo. Anda pun bisa hunting foto aktivitas orang-orang di pasar. Saat belanja di beringharjo, jangan lupa untuk menawar. Selain itu selalu letakkan tas anda di depan. Karena ada banyak pencopet disini.