Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Posted on

Jika anda berkunjung untuk menikmati liburan di Jogja maka tak lengkap rasanya jika tak mencicipi keindahan pemandangan pantainya yang menghampar dari barat sampai timur di sisi selatan Yogyakarta. Dan ada satu wisata pantai di Jogja yang sayang jika anda lewatkan, namanya Pantai Wediombo.

Nama pantai yang artinya pasir yang luas ini memang menawarkan pemandangan panorama pantai yang begitu indah dengan hamparan pasir putih yang luas bertabur batuan karang nan eksotik. Berikut beberapa info menarik tentang daya tarik pantai yang ini.

Lokasi wisata Pantai Wediombo Gunungkidul

Pantai Wediombo ini tepatnya berada di sisi tenggara dari wilayah Kabupaten Gunungkidul, yakni di Kelurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak 75 km dari Kota Jogja, jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor memakan waktu selama kurang lebih 2 jam.

Salah satu rute yang bisa diambil untuk sampai di pantai ini adalah dengan melewati jalan Nasional, dari Jogja ambil jalan Wonosari setelah tiba di kota Wonosari ambil jalan Semanu-Candirejo dan dilanjutkan ke jalan Wediombo, Jepitu.

Agar lebih nyaman dan aman menuju tempat wisata ini, kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan jasa rental mobil murah di jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Keindahan yang ditawarkan pantai Wediombo

  • Sunset yang romantis

Pantai Pasir Ombo ini anda bisa menikmati keromantisan sunset karena pantai ini menghadap ke barat tak seperti pantai-pantai lain di Gunungkidul umumnya yang menghadap ke selatan.

  • Panorama alam yang tiada duanya

Salah satu daya tarik yang membuat banyak orang selalu ingin kembali berwisata ke Wediombo adalah suguhan keindahan panorama alam yang tiada duanya.

Keindahan pasir putih yang menghampar luas dengan bebatuan karang yang eksotis, mampu memberikan pemandangan yang menakjubkan sehingga banyak fotografer yang mengeksplornya dengan hunting foto di tempat wisata ini.

Belum lagi suasana asri di tepian pantai yang banyak pohon-pohon rindang berpadu dengan semilir sejuk angin pantai, yang akan membawa suasana romantis saat berteduh dibawah pohon tersebut dan diiringi suara deburan ombak yang syahdu.

  • Upacara adat “Ngalangi”

Jika berkunjung ke Wediombo pada hari Kamis Wage, bulan keempat menjelang kemarau maka anda bisa menyaksikan acara adat bernama “Ngalangi” yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat.

Upacara tersebut bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta yang telah memberikan rezeki serta keselamatan kepada masyarakat Jepitu dan sekitarnya.

  • Kolam renang alami

Jika berwisata di pantai ini anda bisa menikmati sensasi berenang di kolam alami yang terbentuk dari bebatuan karang. Anda bisa berenang dan merasakan keindahan mahakarya sang pencipta.

Anda tak perlu merasa khawatir akan keamanan berenang di kolam alami ini, karena ombak besar biasanya telah terpecah jauh sebelum menyentuh batuan karang di pinggir pantai. Namun tetap disarankan untuk tetap berhati-hati dan mengikuti himbauan penjaga pantai ya.

  • Memancing ikan laut

Salah satu keasyikan yang bisa ditemui di Wediombo adalah anda bisa memancing ikan laut di tempat ini. Banyak para penghobi pancing datang ke tempat ini untuk menyalurkan hasrat berburu ikan laut dengan memancing.

Jika anda tertarik untuk memancing di Wediombo maka disarankan untuk membawa peralatan sendiri dan selalu hati-hati. Jangan sampai keasyikan memancing hingga lupa diri dan melupakan keselamatan.

  • Camping di pantai

Bagi anda yang menyukai keindahan malam maka Wediombo menjadi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda di kawasan camping area Wediombo. Sudah pasti keindahan malam di pantai ini akan membuat anda ketagihan.

Lihat juga: Pasar Beringharjo Yogyakarta

Harga tiket masuk area wisata Pantai Wediombo

Untuk masuk ke area wisata Wediombo ini anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,- Dan jika anda menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- untuk motor, Rp 10.000,- untuk mobil.

Jika ingin camping di Wediombo anda dikenakan biaya Rp 25.000,- per malam ditambah biaya parkir jika anda membawa kendaraan bermotor, sebesar Rp 10.000,- untuk motor dan Rp 25.000,- untuk mobil.

Bagaimana, sudah tak sabar untuk berwisata ke Pantai Wediombo bukan?